" BOSEN KULIAH, MENDING NIKAH AJA " ?

Well Hello People !

Udah lama banget ya semenjak terakhir kali aku nulis, yaa aku akuin semester 4 ini lumayan banyak menyita waktu yang luar biasa, jadi aga keteteran, so udah jarang banget nulis konsepan buat blog, lebih seringnya nulis laporan anatomi sama laporan botany. Yaa, jadi jangan nanya how's life LOL, cs I'm so done with plant material. 

Kali ini, aku bakalan ngebahas mengenai statement yang sering banget aku denger kalo lagi sibuk sibuknya sama tugas, banyak temen yang bilang gini " Bosen kuliah, cape. Pengen nikah aja". 


aduh ini gambarnya ngeri amat ya jadi keliatan jomblonya 

Bosen kuliah menurut aku adalah hal yang sangat wajar dan ga bisa disalahkan. Karena apapun kegiatannya, kita pasti akan menemukan rasa jenuh, bosan, dan capek di dalamnya. Kemaren pas banget pulang dari kampus 2 (fyi, UIN Sunan Gunung Djati punya 2 kampus) on the way menuju ma'had, aku ngelewatin mesjid kampus dan ngedengerin ceramah yang di load pake speaker sambil jalan. Penceramah yang aku ga tau siapa menyampaikan sebuah hadits yang aku lupa jelasnya kaya gimana, pokoknya intisarinya tentang bosan. Penceramah itu mengambil kesimpulan bahwa saat belajar, bosan bukan suatu kesalahan, tapi jangan berlama-lama dan tinggal betah dengan 'si bosan' itu.

Lalu, setujukah aku dengan statement "Bosen kuliah, mending nikah aja". 

Kalo disebut nggak setuju, aku sebenarnya setuju. Tapi kalo dibilang aku setuju, aku juga enggak bener-bener setuju.

Buat temen-temen yang sekiranya udah ada yang deketin, daripada zina, ya mending nikah aja lah, ya siapa tahu setelah nikah, kuliahnya jadi semangat karena ada yang mendampingi dan menyemangati kita. 

Nah itu kan kalo yang udah ada yang deketin. Nah ini gimana ceritanya buat yang ga ada yang deketin sama sekali alias lagi jomblo. Kaya gue

Yuk kita ubah aja statement nya jadi " Bosen kuliah, mending berkarya aja".

Ya kali kita maksa maksa orang buat nikah sama kita, kan ga lucu ya. Jadi aku tekenin sekali lagi, ungkapan mending nikah aja akan sangat baik buat temen temen yang udah punya calon dan udah siap. 

Nah buat yang belom siap atau yang belom ada calon, berkarya adalah salah satu jawaban saat bosen kuliah melanda.

Langsung aja, aku bakalan ngasih tips yang ampuh buat ngerubah bosen kuliah jadi hal yang lebih baik :

1. Istirahat Sebentar


      Istirahat adalah langkah pertama yang harus dilakukan ketika si bosan melanda. Karena segalanya akan percuma saat dilakukan setengah hati karena kitanya udah ga mood lagi buat ngerjain,yang pada akhirnya hanya akan ngebuat tugas kuliah kita berantakan. 
    
     So, just take a break. Tapi dears, jangan sampai kelamaan ya, karena rasa bosan kalo dirawat lama-lama bisa jadi malas loh, and its such a bad habbits dear.

2. Lakukan Hal Yang Kamu Suka


        Ini adalah salah satu cara ampuh nih buat ngilangin rasa bosen dengan cepet. Lakuin aja apapun yang kita suka. Contohnya aku suka banget dengerin musik, cukup dengerin fav playlist, joget-joget, jingkrak-jingkrak. Done. Mood jadi bener bener berubah, dan semangat terus ningkat. Gaada lagi rasa bosen. Atau kalian yang punya hobi atau hal yang kalian suka, just do it !. Contohnya yang suka banget nonton film atau drama, boleh juga saat bosen kuliah , di kamar sebelum atau sesudah nugas nonton aja dulu. Eiitsss, tapii buat hobi satu ini mesti controlling yang luar biasa, ini adalah salah satu pengalaman aku, yang awalnya mau ngilangin bosen dengan nonton drama I'm not robbot (drama korea) eh malah kedemenan sampe lanjut episode 10 (yang awalnya mau nonton satu episode aja), dan alhasil tugas tetep aja ga kelar. Jadi, saat ngelakuin apapun yang kita suka kita jangan sampai lupa sama tugas yang menunggu kita ya gaiss.

3. Hobi bisa jadi karya ?


         Seperti yang kita tau, hobi adalah sesuatu yang kita suka dan membuat kita bahagia saat kita melakukannya. Nah, buat ngusir rasa bosen kita, kita bisa ngelakuin hobi kita dan ngebuat karya dari hobi kita. Ga mustahil kan ? . Jangan dulu mikir bagu apa engganya karya lo, tapi ya usaha aja dulu. Contohnya nih, hobi kalian adalah ngelukis, apa ngehasilin karya dari melukis itu mustahil ? Oh jelas engga dong. Jangan dulu mikir, 'duh lukisan kita bakalan sebagus lukisan Monalisa ga ya ?', jangan. Cukup buat diri lo sendiri nyaman dengan apa yang lo lakuin. Itu ya gaisss. Contoh lain, yang hobi nyanyi bisa juga ngebuat hobi kita jadi karya. Jangan dulu mikir 'duh suara gue bakal kaya Adele gak ya'. Jangan. 

         Tujuan utama kita kan ngehapus bosen kita dengan hal positive. Nah, karya adalah buahnya. Sekarang banyak banget hobi yang jadi alasan seseorang milih pekerjaan, tujuannya tiada lain dan tiada bukan adalah supaya kita ngelakuin segalanya dengan hati dan kita ngerasa bahagia saat ngelakuinnya.

Gak banyak tips dari aku, cuma itu aja garis besarnya. Kalo temen temen punya ide lain, comment below aja yaaa. Kalo ngerasa bosen wajar gais, tapi jangan sampai keenakan dan ngerubah bosen itu jadi males. Inget itu yaa 

Ada kutipan dari drama While Were You Sleeping yang kurang lebih kaya gini " Masalah akan berlalu, ini mungkin tampak seperti masalah yang besar.Saat masalah berlalu, semua bukan apa-apa. Kamu tidak akan mempercayainya, tapi kamu akan membicarakannya seperti lelucon. Jadi jangan terlalu mengkhawatirkan semuanya, percayalah pada hari-hari itu dan bertahanlah ".

Kutipan itu mengajarkan kita bahwa, kita harus menyadari bahwa masalah itu datang dan pergi. Selalu. Rasa bosan itu muncul karena diri kita sudah merasa lelah akan semuanya, tapi jangan pernah patah semangat karena akan selalu ada hari hari yang membahagiakan, yang besar , dan tidak kita sangka-sangka. Cukup lalui semua hari dengan semangat dan energi positif ! 

Chayyooo !!!!

Semoga bermanfaat !!! 



Komentar

Postingan Populer