101 REASON WHY I CHOOSE BIOLOGY

Well Hello People !

Apa sih yang pertama kali terbesit di diri kalian saat denger kata Biologi ?

Such a ridiculus material ? Such a bored material ? or an enteresting thing ?

Kalo yang terbesit di diri kalian Biologi adalah hal yang ngebosenin, penuh hafalan, materi yang bejibun, dan nama nama ilmiah yang ribet. Itu ga 100% salah. Karena gue juga mikir kaya gitu. Karena Biologi juga bukan 1 of my 3 best thing list in my life that I loved.

Kalo yang ada di pikiran kalian Biologi adalah hal yang menarik, bikin kalian penasaran, dan lo ngerasa keren saat lo tau banyak hal-hal menakjubkan di lingkungan lo. Itu ajib. Keren. Salut gue. Karena disitulah peran ilmu ini. Biologi ya bios+logos. Biologi ya tentang hidup dan pengetahuaanya. Bukan cuma sekedar pengetahuan tentang hidupnya. Tapi ngajarin gue secara pribadi cara biar lebih ngemaknain hidup.

Sebenernya alasan gue masuk di Jurusan Pendidikan Biologi karena Biologi adalah pelarian gue dari jurusan yang gue mimpi-mimpiin sebelumnya yaitu Jurusan Farmasi. Ea, mantep kan gue ?,
Berhubung gue ga dapet ridho mamah sama apa, jadi jalan gue ke Farmasi seolah tertutup. Udah tuh, gue nyerah aja. Karena gue udah kebawa panas duluan ama temen temen SMA gue yang lainnya yang udah pada asik rariweuh pemberkasan ke universitas yang nerima mereka.

Udah deh gue pilih Biologi aja, disamping gue suka sama MIPA, gue juga ngerasa soul gue dapet disana. Meskipun dalam lubuk hati gue, gue juga nyimpen dikit interest gue di Bahasa Inggris, Tapi karena mamah gue basicnya Bahasa Arab, gue jadi mikir, masa gue ngambil Bahasa lagi ? Gue gak mau keluarga gue flat dan punya basic kemampuan yang beda-beda, biar rame aja. Sharingnya lebih luas lagi, gak stuck di situ situ aja.

Alhasil, temen-temen mamah banyak yang nanya ke mamah, kenapa gue gak ngambil jurusan yang sama kaya mamah. Untungnya mamah gue bukan tipe mamah mamah yang ribet, mamah gue tolerir sama perbedaan pemikiran gue.
Im so greatfull.

Gue masuk ke Prodi Pendidikan UIN Sunan Gunung Djati Bandung lewat jalur UM-PTKIN, dimana gue mesti ikut test dulu, gak kaya temen-temen yang masuk lewat SNMPTN atau SPAN-PTKIN yang tinggal nunggu pengumuman aja.

Disaat gue gak keterima di Biologi UPI gue seakan ditegor sama Allah, bahwa hidup gue selama ini kaya yang mulus-mulus aja. Gue bersyukur banget gue gak keterima di dua jalur itu, karena gue bisa belajar sabar dan ikhlas lebih banyak lagi.

So, buat siapa aja yang ngerasa hidup lo gagal cuma gara gara lo gak keterima di univ impian lo. Coba deh lo cari hikmah yang ada, karena hidup emang terlalu ramai kalo buat manjain lo doang. Mungkin selama ini, hidup lo sama kaya gue, lempeng lempeng aja. Ya, jadinya Allah ngasih kita tanjakan dan pudunan turunan biar kita bisa nikmatin hidup kita biar indah lagi dan lebih bersyukur lagi. Atau mungkin, masih ada dosa lo yang gak dimaafin sama mantan. Jadi kieu, pokoknya di saat genting milih jurusan kuliah, banyak banyakin relasi kakak tingkat yang bisa ngasih lo pengetahuan lebih soal jurusan lo, biar lo gak nyesel.

So, why I choose Biology ?,

Karena gue gak mau hidup gue flat-flat aja. Gue gak mau ada di comfort zone gue terlalu lama.
Gue tau, gue biasa biasa aja di pelajaran ini sejak SMA, gak mahir alias gak expert. Terus kenapa gue gak milih Jurusan Teknik Elektro, Matematika SAINS atau Teknik Pertambangan sekalian kalo mau keluar dari comfort zone gue ?. Jawabannya, ya kita juga mesti ngukur batas kuasa kita dimana. Selagi gue mampu, gue coba. Karena gue ngukur kemampuan gue kalo gue gak bisa ngehabisin 4 tahun kuliah gue sama mata kuliah di Teknik Elektro. Jadi intinya, kalo lo mau loncat, lo mesti mikir-mikir dulu kedaleman dan panjang kaki lo dari lobang yang lo loncatin biar lo gak jatoh kesana, minimalnya lo gak jatuh dengan posisi yang bisa nyelakain lo sendiri.

Selama pengalaman gue kuliah 2 semester kemaren, gue mulai tau kalo di Jurusan ini gue gak boleh leha-leha dan lo mesti teliti. Lo mesti disiplin waktu antara ngerjain laporan praktikum sama bikin journal yang mantep disamping lo juga kudu ngejaga kesehatan lo dan mesti ngeluangin waktu lo buat refreshing biar gak stress. Tapi sekali lagi gue bilang, gue bersyukur. Sampai saat ini, alhamdulillah gue gak nyesel milih jurusan ini dan semoga selalu gak nyesel. Kuliah ngajarin gue bukan soal materi materi abstrak yang gak punya nyawa, tapi juga soal gimana lo bersikap lebih care sama temen lo, lebih mature lagi dan ngilangin ke childisan gue.

Kaya moto gue, Black Horse atau Dark Horse .

Gue pengen beda sama orang lain, bukan karena gue pengen lebih dikenal. Tapi gue pengen bikin diri gue sendiri bersyukur sama diri gue sendiri meskipun gue beda. Kadang Black Horse dianggap ga ada apa apanya. Disitu gue ngambil kesempatan. Disaat dunia gak mandang lo apa apa, jangan pernah mandang diri lo sendiri bukan apa apa. Karena dunia ada di diri lo. Lo adalah dunia lo sendiri. At least, lo ngehargain diri lo sendiri.

Dengan gue milih Bilogi, bukannya gue mau so exact, tapi gue pengen tau lebih dalam juga tentang lingkungan gue. Seenggaknya gue udah tau akibat parah dari ngebuang sampah sembarangan lebih dalam dari orang lain. Dan saatnya lah gue ngemanfaatin ilmu yang gue punya, sesedikit apapun itu.

Jadi, keluar dari zona nyaman adalah alasan gue. 101 alasan itu terwakili sama kalimat itu. So, apapun jurusan lo, apapun cita-cita lo, jangan pernah biarin diri lo ngerendahin mimpi lo sendiri. Selama lo percaya lo sanggup, coba !. Buat kesalahan kesalahan sesering mungkin, dengan lo ngelakuin banyak kesalahan, lo akan tau pilihan apa yang lo mesti ambil selanjutnya tanpa harus jatuh ke kesalahan kesalahan selanjutnya.

Ada quote menarik dari Charles Darwin :
Its not the strongest of the species that survive, nor the most intelligent, but the most responsive to change.
Bukan yang paling kuat, bukan yang paling pinter yang bisa bertahan. Tapi yang mampu buat berubah jadi lebih baik. :)

Let your light shine bright good people ! :)


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer