GIMANA SIH CARANYA DAPET IP 4,00 DI SEMESTER PERTAMA ?

Well Hello People !




Di malem yang melelahkan ini, (ya sejujurnya gue abis jaga stand verifikasi gitu di Ma'had Al-Jami'ah dari pagi ampe malem, oke ga penting.) gue mau sharing sama temen-temen semua tentang hal yang paling jadi pokok perbincangan mahasiswa. Ya, IP.

Apasih IP itu  ? Buat temen-temen yang udah jadi mahasiswa tentunya tau ya apa itu IP. IP itu adalah singkatan INDEKS PRESTASI. Kalo di SMA, yaa bisa disamain sama nilai raport gitu lah.


Kalo di zaman SMA, nilai itu bentuknya kisaran KKM 70/80-100 , beda lagi di zaman kuliah (etdah zaman mezolitikum kali ya) , di kuliah nilai mahasiswa itu kisaran 0-4,00, dimana nilai tiap mata kuliah alias mata pelajarannya itu A-E


A=4
B= 3
C=2
D=1
E=0

Ada nilai 0 ? Serius ?,

Asli. Ada.

Begitulah kejamnya kuliah nak. Karena kuliah gak seindah FTV atau ala ala drama korea yang banyak opa-opa setia. Ea. (langsung muncul backsong nya Goblin-Beautiful Life)

Gue masih inget pas gue baru keterima jadi Mahasiswi, hal yang pertama gue pengen tau adalah tentang Gimana sih rasanya jadi Mahasiswa Biologi ?. Berhubung gue udah posting di artikel gue sebelumnya di http://mybiomyadventure.blogspot.co.id/2017/08/101-reason-i-choose-biology.html, jadi gue bakalan ngasih tau hal kedua yang pengen gue tau setelah pertanyaan otak gue yang pertama tadi yaitu :

Gimana Caranya Gue Dapet IP 4,00 di semester pertama gue.

Padahal saat itu gue gak paham paham amat tentang IP, tapi gue juga gak tau kenapa gue obsesi banget waktu itu pengen tau hal ini.


Jadi kieu guys, sebagai mahasiswa, gue gak naif, IP 4,00 adalah hal yang membanggakan, IP 4,00 adalah pencapaian yang keren banget, IP 4,00 adalah impian hampir semua mahasiswa, IP 4,00 adalah hal yang sangat sangat menggembirakan apalagi buat orang yang pengen lo buat bahagia, orang tua terutama.

Gimana gak ngebanggain lah !, kalo lo dapet IP 4,00 itu berarti lo dapet nilai A di semua mata kuliah lo. Keren banget !. Jadi, balik lagi ke pertanyaan awal, gimana sih caranya dapet IP 4,00 ? Terutama di semester awal.

Kenapa gue kasih concern di semester awal ?. Sesuai pengalaman gue, semester awal adalah salah satu penentu keberhasilan lo di kuliah.

Ibarat lo mau buat kue, kalo lo udah salah ngasih bahan bahan di awal, udah pasti bakal ngaruh ke tahap-tahap selanjutnya. Kalo lo ngasih bahan bahan dengan bener dan takaran yang pas, maka insyaallah kue yang lo bikin bakalan punya happy ending. Tapi kalo lo udah salah kasih bahan, lo udah salah kasih takaran, maka kue yang lo bikin punya kemungkinan sad ending yang lebih gede.

Sebenernya, kalo lo pengen dapet IP 4,00. Itu gak sesusah yang lo kira. Tapi gak segampang yang lo kira juga.


  • Hadir di Tiap Mata Kuliah

          Gue sengaja masukin point ini di list pertama, karena ini hal yang jadi dasar sekaligus jadi masalah genting mahasiswa. Karena ga jarang banyak mahasiswa yang gak masuk kelas mata kuliah gara gara alesan males lah, dosennya ga asik lah, tugas paper belom selese lah, mata kuliahnya ribet lah, gak nemu nemu gojek lah, gak ada yang bisa di tebeng buat berangkat ngampus lah, dan segudang masalah (alasan) lainnya.
         
          Gue saranin pake banget, buat lo yang mengidam-idamkan IP 4,00 tapi buat berangkat ngampus aja ogah-ogahan, mending udahan deh. Karena kalo lo gak masuk kelas itu sama dengan lo nyia-nyiain hari itu dan ngebuang calon ilmu baru yang mau datang ke lo. 

           "Kan masih bisa nanya temen yang masuk pas matkul itu ?". Ngedenger penjelasan dosen langsung dan dikasih penjelasan temen itu gak akan 100% sama kontennya. Ditambah lagi, dosen sering ngejadiin kehadiran sebagai salah satu acuan penilaian mereka. Kalo lo gak masuk sekali, otomatis nilai lo bakal dikurangin sesukanya. Gitu. So, gue rasa ini point yang sangat penting.

  • Kerjain Semua Tugas Tepat Waktu
         
           
           Kuliah tanpa tugas itu = HOAX. 
    
           Jadi, lo yang pas SMA nya jarang ngerjain PR, dan cuma bisa nyontek pas mau dikumpulin. Atau bahkan pas dateng ke kelas, sama sekali gak tau ada PR kaya gue. Gue rasa, kita mesti tobat guys. (Backsong : Wali-Tobat Maksiat)


           Tugas pastinya ada guys. Tugas di kampus itu macem macem. Ada Take Home, yang artinya kaya semacam PR yang bisa lo kerjain di rumah dan bisa dikerjain sama temen lo alias bisa kerja sama , tapi jangen seneng dulu, biasanya tipe soal Take Home itu susahnya bener bener.  :(

           Pas itu gue di kasih UTS Take Home di Mata Kuliah Fisika Dasar, dan lo tau apa, soalnya susahnya bener-bener dah, Aslian, gue sama temen gue aja ampe keblinger dan pada akhirnya ada salah satu nomer yang kita rasa bener bener susah kita jawab aja sebisanya dan itu ngacapruk guys, teori gue saat itu yang penting rumusnya udah bener otomatis minimalnya gue dapet 1 point di soal nomer itu, LOL. 

          Selain Take Home, ada juga tugas kaya bikin paper, makalah observasi, journal, laporan praktikum dan lain sebagainya. Kalo paper sih biasanya lebih simple dari makalah. Kalo makalah biasanya lebih ribet dari paper. Ya kira-kira begitulah. Hahaha

         Kalo laporan praktikum dan journal itu biasanya dibikin pas lo mau/ selese praktikum di lab. Isinya tentang langkah-langkah kerja yang lo ambil, hasil pengamatan yang lo dapet di praktikum itu, dan ngebahas teori yang ada buat dibandingin sama hasil pengamatan lo. Lo mesti nulis tiap satu persatunya dengan detail biar nilai makalah lo juga ajib.

       JANGAN SAMPE TELAT NGUMPULIN TUGAS !, ini point yang mesti di garis bawahin. Keterlambatan nunjukin sikap ga disiplin lo, dan itu minus banget. Pernah kejadian di semester 2 kemaren, jadi ceritanya temen gue telat ngumpulin tugas gitu di salah satu mata kuliah, dan pas buka KHS (Kartu Hasil Studi) nilainya B. So sad. :(

       JANGAN SEKALI KALI NGE-COPY PASTE TUGAS ORANG LAIN, ini nih yang sering jadi biang keroknya nilai makalah yang gak memuaskan. Sejelek-jeleknya karya lo, itu tetep karya lo,
dosen akan lebih ngehargain karya kita kalo itu dibuat original oleh kita, itu artinya lo punya andil responsibility buat diri lo sendiri, So PD aja !
  • Gaya Belajar Yang Efektif

        Keberhasilan belajar lo, ditentuin dari faktor internal juga. Yaitu lo sendiri. 
  
        Tiap orang punya gaya belajar yang beda-beda. Ada yang audio, visual, sama kinestetik. Kalo gue sendiri lebih condong ke audio sama kinestetik. Gue gak begitu kuat di visual. Gue bisa ketiduran saat gue baca buku lebih dari 10 menit. Dengan catatan kalo gue pure baca, lain lagi ceritanya kalo gue baca sambil ngedengerin musik, makan, atau maenin barang apa aja di sekitar gue. Gue lumayan keren di audio sebenernya, Ea, songong gue. 

        Karena gue akuin gue lebih masuk nyerna suatu hal kalo gue denger, jadi gue suka ngerekam suara dosen kalo lagi nerangin, terus pas malemnya gue dengerin lagi tuh rekamannya. And Its Works !.

        Jadi, gue saranin buat jadi diri lo sendiri saat lo belajar. Dan gue saranin pake banget, lo banyak banyakin diskusi sama temen-temen lo, karena dengan diskusi tentang mata kuliah itu nyampe banget, ketika lo gak tau A, temen lo bisa jadi tau itu, dan ketika temen lo ga tau B, lo yang tau hal B itu bisa ngasih tau ke temen temen lo. Gak ada salahnya berbagi ilmu sama temen-temen, itu bermanfaat banget dan lo bisa ngoreksi kesalahan presepsi lo dengan cara diskusi itu.

  • Ikhlas
         Belajarlah dengan niat ibadah.


         Jangan belajar hanya untuk menyembah angka angka mati yang disebut IP. 

         Karena terkadang mahasiswa terlalu mendewakan angka angka mati 0- 4,00 dan melupakan softskill yang dia punya. 

          Tahaduts binnikmah, di semester pertama gue dapet IP 4,00. Dan gue bersyukur banget. Dan aslinya, gue ngelakuin tips-tips apa yang udah gue tulis di artikel ini. Dan itu semua ada proof nya. Karena usaha gak akan ngekhianatin hasil ! Serius !


         So, kalo lo mau hasil yang bagus tanpa kerja keras. Lo tinggal tidur-mimpi-dan jangan bangun lagi. Bilang ke diri lo sendiri kalo lo mau berusaha ! Jangan pernah punya mental yang lemah. Beranilah bermimpi tinggi, karena saat lo jatuh pun, lo bakalan jatoh di antara bintang bintang. Itu kata Bung Karno loh bukan gue.

         Ketika gue dapet IP sempurna kaya gitu, gue langsung mikir. Apa sih yang udah gue faham dari 11 mata kuliah yang gue ambil kemaren ? . Gue seketika jadi minder. Ketika ada yang bilang "wih mantep IP 4,00 !", bukan seneng yang gue rasain. Tapi malu.

Asli.

Gue malu, karena ilmu yang gue dapet baru secuil juga enggak. Tapi itu jadi motivasi sendiri buat gue supaya gue bisa lebih baik lagi. Bukan mempertahankan IP 4,00 yang jadi tujuan utama gue, tapi gue pengen bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi dan lebih bermanfaat lagi buat orang banyak.

        So, ketika lo belajar. Bukan nilai yang jadi tujuan lo. Nilai cuma bonus. Nilai yang sesungguhnya dikasih sama Allah, so be yourself aja. Awali semuanya dengan niat ibadah, biar ilmu yang nyampe juga jadi berkah.

        Jadi, gimana caranya gue dapet IP 4,00 ris ? mungkin itu pertanyaan temen temen semua. Caranya, ikhlas aja. Saat lo gak dapet IP 4,00 pun, lo akan ngerasa bahwa lo dapet IP 4,00 dimata Allah.

       Bukannya ketika ikhlas, semua kecewa akan jadi debu dan menghilang seketika ?

       Terus kenapa ada rasa kecewa ?. Itu karena kita punya harapan berlebihan ke apa yang mau kita tuju.

        So, keep tawakal aja !. Everything will be easier as long as you with Allah :)

       Jadi, mau IP 4,00 dari dosen atau 4,00 dari Allah ?

       Apa ?


      Dua-duanya ?


      Ikhlas dan tawakal jawabannya :)

     Jangan lupa, sertakan dan mintakan selalu doa orang tua kita juga :)


Ada quote yang wisely banget dari Imam Syafi'i
Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan. 
Semua hal mesti digadai dengan perjuangan, bahkan buat bernafas dengan lancar aja, kita mesti ngorbanin paru-paru kita buat kerja lebih keras.

So, jangan pernah ngeluh untuk apapun itu.

Semoga kepada siapapun itu, semoga bahagia selalu sesederhana hembusan angin malam ini yang membawa lantunan dzikir-dzikir agung pada-Nya.

Hidup sekali, hiduplah yang berarti :)




Komentar

  1. rajin bener bu (nulisnya) udah postingan yang ke tujuh aje ni.hehe
    share juga Ca biar semangat nulis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha. Iya , gara gara gabut libur ngampus sih. Jdi biar ga wasting time, mending nulis aja. LOL

      Hapus
  2. Assalamualaikum sangat bermanfaat sekali, klo boleh bikin tips biar cepet lulus dong? Alias kuliah 3,5 th Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam. Alhamdulillah :). Berbuhung akunya belom lulus kuliah, jadi kayanya belom bisa kasih article itu deh. Insyaallah menyusul ya. Tapi biasanya sih kalo mau cepet lulus, ikut SP (Semester Pendek) dengan ngambil mata kuliah di semester atas. Tapi ga semua univ nyediain fasilitas SP.

      Hapus
  3. Mantaps! Mampir juga ceu di rahmasrn.blogspot.id yaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer